tips membeli mobil

Mirip Memilih Istri. Ini Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Zaman sekarang, mobil sudah seperti rumah kedua. Bahkan banyak orang yang lebih sering di mobilnya ketimbang di rumah sendiri. Sehingga mobil yang dahulunya hanya berfungsi untuk mendukung mobilisasi (kendaraan) pengguna, sekarang sudah bergeser menjadi kebutuhan primer.

Membeli mobil tidak bisa sembarangan. Tidak bisa karena lantas suka dengan ‘kecantikan’ luarnya lantas langsung membeli. Mirip dengan memilihistri, mobil yang dipilih haruslah dipertimbangkan luar dalam, bibit bebet dan bobotnya.

Berikut pertimbangan penting sebelum anda membeli tunggangan baru.

Tipe Mobil

Setiap orang tentunya memiliki kebutuhan masing-masing. Orang yang tinggal di perkotaan tentunya berbeda dengan orang yang tinggal di pedesaan, ataupun di kawasan hutan. Sehingga pilihan mobilpun hendaknya disesuaikan dengan peruntukan kendaraan tersebut.

  • MPV (Multi Purpose Vehicle)

Tipe mobil seperti ini cocok untuk mobil keluarga. Dengan 7 kursi penumpang, tentunya cocok untuk anda yang sering bepergian bersama istri, anak ataupun orang tua. Mobil tipe ini biasanya sering dipergunakan di wilayah perkotaan. Contoh mobil bertipe MPV adalah Toyota Kijang, Daihatsu Granmax, Suzuki APV dan juga Toyota Avanza

  • SUV (Sport Utility Vehicle)

Bagi anda yang ingin memiliki kendaraan yang muat banyak, serta berada di lingkungan pedesaan sebaiknya anda memilih mobil bertipe SUV. Mobil ini dirancang lebih tangguh untuk medan-medan licin dan berlubang. Biasanya mobil ini dirancang double gardan (4×4). Namun di Indonesia banyak mobil bertipe SUV yang tidak dilengkapi gardan ganda ini. Contoh mobil bertipe SUV adalah Toyota Fortuner, Pajero, CRV, Toyota Land Cruiser, Ford Escape, Daihatsu Terios, Nisan X trail, Jeep.

  • Crossover

Crossover adalah versi mini dari SUV. Untuk anda yang tidak begitu membutuhkan mobil dengan yang muat banyak penumpang, namun tetap dengan ketangguahan seperti SUV, Crossover bisa menjadi pilihan anda.

  • Hatchback

Hatchback adalah mobil terpopuler untuk city car. Mobil multifungsi ini mirip dengan sedan, memiliki 2 box penumpang namun bagian belakang yang buntung dan pintu bagasi yang menyatu dengan kaca belakang. Contoh mobil bertipe Hatchback adalah Honda Jazz, Suzuki Swift, Toyota Yaris, Kia Picanto dll

  • Sedan

Tak seperti hatchback, mobil sedan memiliki buntut di bagian belakangnya sebagai tempat menyimpan barang. Pintu bagasi terpisah dari kaca belakang. Sehingga memungkinkan untuk ruang penyimpanan yang lebih luas. Contoh mobil bertipe sedan adalah Toyota Camry, Corolla, Crown, Honda Civic, Honda Accord, Nissan Teana dll.

Fitur Tambahan

Selain tampilan mobil, biasanya yang menjadi pertimbangan yang paling penting adalah fitur-fitur yang terdapat dalam mobil itu sendiri. Layaknya istri, sebaiknya mobil anda haruslah awet, tak tergerus zaman.

Fitur yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah fitur keamanan, kenyamanan, kepraktisan, dll. Jangan sampai karena nafsu sesaat, mobil anda kemudian tak ‘oke’ untuk beberapa tahun setelahnya.

Harga Mobil

Setelah menentukan tipe mobil yang diinginkan, barulah menococokkan dengan harga yang ada. Untuk tipe mobil yang sama bisanya ada berbagai variasi harga dari masing-masing pabrikan. Jangan berpatokan terhadap satu merek mobil , carilah alternatif lain yang mungkin sesuai dengan kantong anda.

Mobil bekas berkualitas pun sebenarnya tidak masalah, selagi anda bisa merawatnya dengan baik. Bila anda ingin mencari mobil bekas berkualitas, dengan garansi anti banjir dan surat-surat lengkap, silahkan datang ke bengkel Carshop fifauto  di Jalan Pangeran Antasari no 7A, Cilandak, Jakarta Selatan.

Comments

comments

Post Author: admin