Otofif Bengkel Mobil Jakarta

Marak Pencurian. 9 Alat Pengaman Mobil ini Harus Anda Miliki

Membeli pengaman mobil terbaik adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir angka pencurian mobil, mengingat pencurian mobil kerap sering terjadi, tidak mengenal tempat dan waktu.

Setiap mobil sudah dilengkapi oleh sistem pengaman dari awal yang memang diperuntukkan untuk mencegah aksi maling. Namun, nggak ada salahnya bila kita tetap lebih waspada dan meningkatkan tingkat keamanan lebih dari biasanya dengan cara memberikan alat pengaman tambahan

Alat Pengaman Mobil

  • Kunci Stir

Kunci setir merupakan salah satu jenis kunci pengaman mobil terbaik yang berfungsi mengunci pergerakan kemudi. Kunci stir dipasang dengan mengaitkan bagian stir mobil dengan salah satu komponen dari rem, kopling, atau gas sehingga mobil tidak bisa bergerak. Kunci setir banyak modelnya, ada yang mencengkeram setir, ada yang diganjal pada dashboard, ada juga yang dikaitkan dengan pedal gas atau kopling dimana dapat terhubung dengan kabel ke mesin.

  • Kunci Roda

Untuk kendaraan yang ditinggal untuk waktu yang cukup lama sebaiknya anda mengunci roda kendaraan anda.  Kunci atau yang biasa juga disebut spanner merupakan pengaman mobil dari pencuri yang terbuat dari baja dengan tekstur keras berlapis Chrom atau Nikel sehingga tidak cepat aus.

Kunci atau spanner terdapat dalam beberapa macam, diantaranya adalah kunci ring, kunci pas, kunci soket, kunci L, kunci Inggris, Kunci pipa, kunci bintang, tracker, kunci roda, dan masih banyak lagi. Kunci roda merupakan salah satu alat pendukung pengamanan lainnya yang biasa dipasang pada mobil. Kunci roda berfungsi membuka baut dan menempatkan kembali tutup roda. Mekanisme kerja kunci roda yaitu mengaitkan velg mobil sehingga mobil tidak bisa bergerak sehingga meminimalisir aksi pencurian.

  • Alarm Mobil

Alarm memang sangat dibutuhkan sebagai alat pengaman tambahan pada mobil mengingat fungsinya adalah menyampaikan sinyal bahaya secara dini sehingga pemilik kendaraan dapat mengantisipasi dengan cepat bahaya yang kemungkinan akan terjadi. Alarm yang digunakan juga sebaiknya juga disambungkan pada speaker di dalam mobil sehingga bila kabel klakson diputuskan, alarm masih berbunyi.

  • Immobilizer

Immobilizer merupakan alat pengaman mobil dari pencuri dengan sistem pengaman yang ditempatkan pada mobil. Sistem kerjanya dilakukan dengan mencocokkan kode pada kunci dengan kode pada perangkat mobil. Apabila kode tidak sama, maka mobil tidak bisa dihidupkan. Sistem pengaman ini bisa dijadikan pilihan untuk memproteksi kendaraan anda. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa kendaraan anda telah dilengkapi sistem kontrol elektronik.

  • Pelacak GPS

GPS atau Global positioning system merupakan salah satu perangkat pengaman mobil yang memanfaatkan sistem satelit GPS dan GSM/GPRS dimana sistem kerjanya adalah mengirim data koordinat guna melacak posisi kendaraan sehingga mudah ditemukan. Pemasangan GPS pada kendaraan sangat membantu dalam meminimalisir terjadinya pencurian mobil.

  • Chip Kontak

Chip kontak merupakan alat pengaman tambahan mobil lainnya yang digunakan dengan sistem sensor. Sensor chip hanya mampu terbaca di kunci kontak mobil. Sensor dapat di pasang di kap mobil sehingga apabila kap mobil dibuka alarm nya langsung berbunyi. Sensor memiliki banyak jenis, ada sensor bayang dan sensor getar.

Pada umumnya, orang lebih menyukai sensor bayang karena sensor bayang dapat memicu alarm dengan getaran yang halus dibandingkan sensor getar sehingga cepat dalam memberikan tanda apabila terdapat gangguan pada mobil.

  • Sling

Sling atau yang juga dikenal dengan istilah kawat baja juga dapat digunakan sebagai pengaman mobil karena kawat baja ini susah untuk diputuskan. Apalagi jika pengaman ini dikombinasikan dengan gembok hardened yang memiliki ukuran besar dan memiliki pengait pendek sehingga akan mempersulit apabila ingin menembusnya dengan gunting gembok. Gembok ini biasanya digunakan pada mobil-mobil box. Selain itu, untuk lebih menambah pengamanan pada mobil, dapat menggunakan kaca mobil anti pecah guna lebih meminimalisir kemungkinan pencurian yang akan terjadi.

  • Pemutus Listrik

Memasang pemutus listrik boleh jadi alternatif lainnya untuk meningkatkan keamanan pada mobil anda. Saklar rahasia yang terpasang memiliki fungsi untuk memutuskan aliran listrik mobil sehingga ketika saklar diaktifkan dan listrik diputus aki, mobil tidak akan bisa dihidupkan. Hal ini dapat membuat mobil anda batal untuk dicuri.

  • Sekring

Pengaman mobil terbaik lainnya yang sangat berperan adalah sekring. Sekring pada mobil berfungsi dalam mengendalikan listrik mobil dimana jika sekring yang berwarna biru dicabut, mobil tidak bisa dihidupkan.

Toko Alat Pengaman Mobil

Otofif peduli akan kenyaman dan kemanan kendaraan anda. Untuk melengkapi sistem keamanan kendaraan anda silahkan datang ke Bengkel kami yang beralamat di Jalan Lebak Bulus III no 5, Lebak Bulus, Jakarta Selatan dan temukan berbagai produk pengaman mobil dengan harga yang menarik.

Comments

comments

Post Author: admin